Selasa, 08 Januari 2013

SAHABAT INTERNET (Pedoman bagi pemula untuk memasuki jaringan global)


SAHABAT INTERNET
(Pedoman bagi pemula untuk memasuki jaringan global)

Perlunya Anda Mengenal Internet (halaman 1)
Internet merupakan jaringan longgar dari ribuan jaringan komputer yang menjangkau jutaan orang diseluruh dunia. Misal awalnya adalah menyediakan sarana bagi para peneliti untuk mengakses data dari sejumlah sumber daya perangkat keras komputer, yang mahal. Namun, sekarang internet telah berkembang menjadi ajang komunikasi yang sangat cepat dan efektif sehingga telah menyimpang jauh dari misi awalnya. Dewasa ini, internet telah bertumbuh menjadi sedemikian besar dan berdayanya sebagai alat informasi dan komunikasi yang tak dapat Anda abaikan.
Penggunanya kini mencangkup semua kalangan, surat kabar, penerbit, stasiun TV, artis, para pendidik, pengelola perpustakaan, penggemar komputer dan pengusaha. Alasan pemanfaatannya pun beraneka ragam, mulai dari sekedar untuk berkomunikasi hingga mengakses informasi dan data penting. Hampir setiap surat kabar atau majalah yang Anda baca tak luput dari berita yang menceritakan peran internet dalam kehidupan, proyek,atau temuan seseorang.
Nilai yang ditawarkan internet dapatlah dikiaskan sebagai sistem jalan raya dengan sistem transportasi berkecepatan tinggi yang memperpendek waktu perjalanan Anda. Atau dapat juga diibaratkan sebuah perpustakaan yang dapat anda kunjungi setiap saat, dengan kelengkapan buku, sumber informasi, dan kemungkinan penelusuran informasi yang tak terbatas. Atau sebagai jamuan pesta semalam suntuk dengan penerimaan tamu ramah yang siap menyambut kehadiran anda setiap saat. Itulah internet, dari bab ini akan bercerita mengapa Anda perlu mengetahuinya.


Asal Mula Internet (halaman 1)
Jagat raya internet tercipta oleh suatu ledakan tak terduga di tahun 1969, yaitu dengan lahirnya ARPANET, suatu proyek eksperimen dari Kementrian Pertahanan Amerika Serikat bernama DARPA (Departement of Defense Advance Research Projects Agency). Misi awalnya sederhana, yaitu mencoba menggali teknologi jaringan yang dapat menghubungkan para peneliti dengan berbagai sumber daya jauh seperti system computer dan pangkalan data yang besar. Keberhasilannya ARPANET membantu membudidayakan sejumlah jaringan lainnya, yang kemudian menjadi saling berhubungan, 25 tahun kemudian, system ini berevolusi menjadi suatu “organisme” yang semakin luas perkembangannya yang mencangkup puluhan juta orang dan ribuan jaringan.
Sebagian besar pengguna melukiskan Internet sebagai suatu “jaringan dari jaringan”, pertumbuhannya tampak tidak pernah berhenti. Internet tidak hanya menghubungkan Anda dengan semua computer lain, tetapi juga menghubungkan Anda dengan semua computer lainnya yang juga tersambung ke Internet. Namun, janganlah Anda membayangkan Internet sebagai suatu himpunan computer. Internet adalah semacam jagat raya yang terus menerus berkembang, memiliki geografi, “cuaca”, dan budidaya sendiri. Dalam bola dunia cyber ini, berbagai orang dari penjuru dunia berkomunikasi melalui zona waktu yang berbeda tanpa saling bertatap muka, dan informasinya tersedia selama 24 jam sehari dari ribuan tempat.
Internet dihuni oleh jutaan orang “nonteknik” yang menggunakannya setiap hari untuk berkomunikasi dan mencari informasi. Ketika buku ini mulai ditulis pada musim semi tahun 1992, populasi Internet sebagian besar adalah para peneliti dan pendidik, dan belum terdapat banyak aplikasi dan kelompok minat yang relevan bagi masyarakat umum. Dua tahun kemudian, berbagai layanan utama mendominasi penggunaan Internet ini. Sebagai akibatnya, Internet dibanjiri berbagai sumber daya bermanfaat dan semakin banyak penumpangnya.

Komunikasi (halaman 7)
Yang membedakan internet dengan jaringan global lainnya dari teknologi komunikasi tradisional adalah tingkat interaksi dan kecepatan yang dapat dinikmati pengguna untuk menyiarkan pesannya. Tak ada medium yang member setiap penggunanya kemampuan untuk berkomunikasi secara seketika dengan ribuan orang. Coba bayangkan hal ini, Anda dapat pada saat pertama kali menggunakan selancar Net, mengirimkan sebuah pesan yang berisi aneka fikiran Anda kepada ribuan orang. Medium komunikasi jenis lain apakah yang memberikan Anda kemampuan seperti itu? Seketika? Tanpa disunting ?
Internet memang memungkinkan orang berbicara, setiap orang mempunyai pendapat, dan semua pendapat itu tampaknya bermuara pada Internet. Internet disini berperan sebagai sebuan laporan pelanggan berkesinambungan, dengan setiap orang secara tak henti-hentinya menyumbangkan pandangan, pengalaman, rekomendasi, dan peringatan. Anda dapat menggunakan aplikasi komunikasi Internet untuk meminta bantuan dari ribuan orang, menyiarkan pengumunman tentang suatu peristiwa atau suatu layanan baru, menawarkan analisis Anda mengenai suatu keadaan, atau Anda hanyalah melibatkan diri  dalam kelompok suatu minat tertentu. Internet adalah perkakas sempurna untuk menyiagakan dan mengumpulkan sejumlah besar orang secara elekronis. Informasi mengenai suatu peristiwa tertentu dapat ditransmisikan secara langsung sehingga membuatnya menjadi suatu peranti meriah yang sangat efektif. Banyak dekali forum yang tersedia untuk tujuan istimewa ini, mengumumkan berita terakhir mengenai suatu peristiwa atau mencetuskan perdebatan mengenai silang pendapat paling mutakhir.
Namun, jaringan online bebas untuk semua ini tidak hadir begitu saja tanpa sejumlah aturan “netiket”. Sama seperti pada setiap situasi social terdapat cara bersikap yang dapat diterima, dan Anda harus mencanamkannya sebelum terjun kedalam situasi ini  dan sebelum terlanjur bersikap berbeda sehingga dicap sebagai orang biadab.

Informasi (halaman 8)
Pada bulam Mei 1993, Presiden Bill Clinton mengatakan: “Kita sedang bergerak maju dengan sangat cepat dalam semua jenis produksi dan layanan yang berdasarka pengetahuan ekonomi-penghasilan Anda bergantung pada apa yang Anda dapat pelajari. Tidak hanya pada apa yang Anda ketahui hari ini, tetapi juga pada apa yang mampu Anda pelajari esok hari”. Apa yang dapat Anda pelajari bergantung pada sumber daya informasi yang dapat Anda akses secara langsung. Mereka yang akan berhasil dalam dunia sekarang dan esok hari adalah yang dapat menggunakan secara efektif berbagai sumber daya dan perkakas yang tersedia bagi mereka. Dan Internet selalu siap membantu Anda.
Informasi penting yang tersedia di Internet jumlahnya terus meningkat. Ini mencangkup berbagai arsip gratis dan arsip umum, catalog perpustakaan, layanan pemerintah dan berbagai pangkalan data komersial. Internet ibarat cairan yang berubah setiap detik, begitu beritanya mengalir, maka pandangan yang berbeda, laporan, dan aneka pendapat mengairi berbagai arsip dan forum. Perkakas pelacak canggih dengan nama seperti Gopher, WorldWideWeb, dan WAIS, dapat membantu Anda menemukan dan membawa pulang semua sumber daya ini.
Semua piranti digital ini member Anda kemampuan untuk menerabas orang yang menghalangi jalan Anda menuju ke sumber. Anda tak perlu lagi mendengar siaran berita 24 jam melalui radio atau TV dan menunggu berita prakiran cuaca setempat. Pada Internet, Anda dapat memeriksa berita cuaca terakhir dan memesan berbagai barang dan layanan online kapan saja Anda perlukan. Sebagai contoh, Anda dapat menelusiri buku panduan perumahan online untuk mencari rumah baru yang berada ribuan mil jauhnya, Anda tidak perlu pergi dahulu ke kantor perumahan terdekat. Anda dapat membentuk pendapat pribadi Anda berdasarkan sumbernya, bukan berdasarkan ringkasannya. Internet dapat membantu Anda membuat putusan yang cerdas. Walaupun demikian, berhati-hatilah karena tak satupun jaringan yang memperlihatkan kepada Anda jalan yang terbaik, semuanya terserah pada Anda untuk menyusun dan menganalisis apa yang tersedia, dan kemudian Andalah yang harus mengambil keputusan cerdasnya.  

Jaringan Penyusun Internet (halaman 32)
Sambungan jaringan Internet tidak mengikuti model tertentu, tetapi ada semacam hierarki. Jaringan pusat berkecepatan tinggi disebut backbone (pusat jaringan). Ini adalah kias elektronik dari sebuah system jalan raya antarnegara bagian. Jaringan ini menerima arus lalulintas yang tiba, lalu menyalurj\kannya ke jaringan tingkat menengah. Salah satu contoh system pusat jaringan seperti itu adalah Ca&net milik Canada, sebuah jaringan nasional yang menghubungkan semua jaringan provinsinya. Australia’s Academicand Research Network (AARNet) juga sebuah jaringan social yang menghubungkan para anggota organisasinya.
Jaringan tingkat menengah ini kemudian menerima arus lalulintas dari berbagai pusat jaringan dan kemudian mendistribusikannya ke jaringan anggotanya, ibarat jalur jalan di dunia jaringan. Sebagai contoh, Texas Higher Education Network (THENet), suatu jarungan tingkat menengah, menghubungkan sekitar 100 buah Universitas dan fasilitas penelitian di Texas. Berbagai organisasi jaringan yang berhubungan ke pusat jaringan nasional dan tingkat menengah ini mungkin jaringan yang sangat besar. Sebagai contoh, Universitas Vienna di Austria mempunyai sebuah jaringan kampus yang sangat besar yang menghubungkan setiap jurusannya.
Setiap sambungan jaringan mempunyai batas kecepatan, yang ditentukan oleh teknologi yang digunakan. Sambungan wilayah luas (wide area) lebih lebih lambat daripada yang untuk wilayah local (local area). Kecepatan sebuah sambungan WAN (Wide Area Network) biasanya 1,544 Mbps atau 56 Kbps. Tetapi kini semakin banyak WAN yang mulai beroperasi pada kecepatan 45 Mbps. LAN (Local Area Network) lebih cepat. Ethernet sebuah teknologi LAN yang popular, bekerja pada kecepatan 10 Mbps. Bandingkan dengan teknologi LAN lainnya, seperti Fiber Distributed Data Interface (FDDI), yang bekerja pada kecepatan 100 Mbps. Cara mudah untuk memahami kecepatan ini adalah dengan membayangkan setiap teknologi ini sebagai suatu system pipa air. Lebih banyak air yang dapat dipompakan persatuanwaktu ke dalam pipa besar, jadi bandwith-nya lebih besar. Karena pipa LAN biasanya sngat besar, maka lebih banyak air (data) yang dapat disalurkan melaluinya dalam selang waktu yang sama dengan melalui pipa WAN.

*Sumber          : Buku SAHABAT INTERNET (Pedoman bagi pemula untuk memasuki jaringan global)
*Penulis           : Tracy LaQuey
*Penerbit         : ITB Bandung
*Tahun Terbit  : Tahun 1994

Tidak ada komentar:

Posting Komentar